">

Mahasiswa Unand tolak kebijakan kampus yang berimbas DO

Kamis, 02 Februari 2012

| | |
PADANG, Ratusan mahasiswa Universitas Andalas (Unand) Kota Padang yang tergabung dalam Forum Musyawarah Mahasiswa Universitas Andalas (Forums Unad) berunjuk rasa di kampusnya, Senin (30/1/2012), menolak kebijakan intenal kampus yang akan berimbas terhadap Drop Out (DO)-nya ratusan mahasiswa, terutama mahasiswa BP 2009.
Dalam aksi penolakan kebijakan internal kampus, mahasiswa juga membentangkan spanduk terkait tuntutan mereka, yang bertuliskan “DO Untuk Kejayaan Unand, DO Bukan Mencerdaskan dan Batalkan DO Akademis Unand.”
Sedangkan tuntutan mahasiswa yang tergabung dalam Forums Unand yakni, pembatalan proses pindah dan sanksi DO bagi mahasiswa Unand angkatan 2009 sesuai dengan Surat Edaran No 655/UN16/PP/2012. Serta penghapusan kebijakan internal yang tidak tepat, karena banyaknya mahasiswa yang bermasalah justru karena sistem ICT Unand dan sistem perkuliahan yang carut marut.
Terkait aksi tersebut, realease yang diterima BeritAnda.com di lokasi aksi berisikan antara lain, berdasarkan Surat Edaran (SE) No : 655/UN16/PP/2012, tanggal 19 Januari 2012 yang dibunyikan sebagai proses pindah angkatan 2009 (ke universitas lain dengan tengat waktu yang ditentukan) dinilai mengindikasikan pola pengusiran/Drop Out (DO) secara halus pihak universitas kepada mahasiswanya. Dimana substansi SE tersebut merupakan penerapan sanksi DO bagi mahasiswa Unand yang dinilai melanggar pasal 66 Peraturan Rektor No 7 tahun 2011.
Dalam realease juga menjelaskan masalah semerawutnya sistem dan banyaknya problem yang hingga saat ini belum beres di Unand, namun dengan begitu gagah beraninya pihak universitas menjatuhkan DO bagi mahasiswanya tanpa pertimbangan instropeksi yang matang. Tentu kesimpulan yang dapat ditarik, sanksi DO yang diterapkan oleh pihak universitas jelas tidak bijak sebab tidak menyuguhkan solusi yang substantif  (terhitung lebih dari 200 mahasiswa Unand yang ada dihampir seluruh fakultas akan menjadi korban kelalaian Unand).

sumber : Entri

0 komentar:

Poskan Komentar

Blogingria adalah sebuah blog pribadi yang ditujukan khusus dalam masalah yang ada dalam kuliah hukum dan seputaran hukum yang ada di sekitar kita. Semoga tulisan yang ada bermanfaat bagi pembaca dan khususnya penulis sendiri.

Apabila ada pembaca yang mau tulisannya ikut diposting dalam blog ku ini, silahkan kirim tulisan anda ke email saya pandora.ghotica@gmail.com