">

CONTOH RENCANA PROGRAM KULIAH KERJA NYATA (KKN)

Selasa, 29 Mei 2012

| | |

 A.    Rencana Jangka Panjang
·         Judul
Judul dari program ini, yaitu “ Community Mapping

·         Tujuan
Membuat konsep perencanaan tata ruang dengan mempertimbangkan aspek-aspek ekonomi, sosial, politis, keamanan, budaya, konservasi dan futuristik, agar didapatkan peta wilayah yang lengkap dan sesuai dengan pemanfaatannya oleh masyarakat. Selain itu juga dapat memberikan informasi kepada wisatawan yang datang ke daerah tersebut dan  para penanam modal yang ingin mengetahui potensi yang dimiliki oleh daerah tersebut.
·          
     Sasaran
Sasaran dari program ini adalah masyarakat yang ada di daerah tersebut, masyarakat atau warga yang memiliki profesi pekerjaan yang berbeda dan menggunakan lahan untuk dimanfaatkan pada daerah tersebut.
·         Latar Belakang
Community Mapping merupakan salah satu sarana yang sering digunakan untuk mendapatkan informasi mengenai keadaan sumber daya alam, situs-situs khusus dan persepsi lokal terhadap Sumber Daya Alam suatu daerah. Community mapping ini melibatkan seluruh komponen masyarakat. Hasil dari Community Mapping ini adalah adanya peta dasar yang sudah ada di kantor nagari agar dapat menjadi dasar untuk pembuatan Master Mapnya. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam pembuatannya, yaitu :
1.      Kumpulkan semua informasi penting dari semua peta daerah yang ada (landscape-landscape utama seperti sungai, jalan, desa/kampung, logging area, puncak bukit, dan lain-lain.
2.      Bersama informan lokal dan peta dasar, dilakukan pengeecekan ulang dari feature-feature yang ada pada peta dasar dan tandai daerah-daerah penting seperti desa, perempatan atau pertigaan jalan. Jika memungkinkan, buatlah sejumlah titik dengan menggunakan GPS, yang dapat ditambahkan pada peta dasar nantinya.
3.      Siapakan peta sederhana yang berisikan informasi sungai, lokasi desa, dan landmark dengan menggunakan nama lokal sebagaimana yang telah diinformasikan oleh penduduk.
4.      Buat salinan gambar pada kertas dengan ukuran yang besar (A1 dan A0).

·         Alat, Bahan serta Biaya yang dibutuhkan
Pada program ini alat-alat yang digunakan yaitu, kertas dengan ukuran besar (A1 dan A0), alat tulis, pensil warna, dan kompas. Sedangkan bahan yang digunakan, yaitu peta dasar yang sudah ada di kantor nagari dan masyarakat di daerah tersebut untuk mendapatkan informasi. Dan untuk biaya yang diperlukan dalam pelaksanaan program Community Mapping ini adalah berkisar sekitar Rp. 100.000,00.
·         Metode Pelaksanaan
Dalam pelaksanaan program ini, metode yang digunakan yaitu mentode Focused Group Discussion(FGD), yang mana sebelum pelaksanaan pembuatan peta dilakukan dulu diskusi untuk mendapatkan informasi kondisi daerah dari penduduk setempat, langkah-langkah kerjanya, sebagai berikut :
1.      Terlebih dahulu dijelaskan maksud dan tujuan dari program Community Mapping ini.
2.      Bagi peserta menjadi beberapa kelompok. Tiap kelompok haruslah mempunyai sekretaris atau fasilitator untuk mecatat hal-hal yang penting.
3.      Dorong peserta untuk menyebutkan :
·         Tipe Penggunaan Lahan
·         Beda tipe penggunaan lahan dan ciri-cirinya
·         Jenis-jenis sumber daya alam
·         Jenis tanah dan daerah aliran sungai ataupun air
·         Spesial features, contohnya air terjun, pohon rebah bekas angin putting beliung dan sebagainya
4.      Persilahkan kelompok untuk membuat peta di atas peta dasar, pertama-tama ditentukan terlebih dahulu lokasi desa, kuburan, situs-situs sakral, daerah-daerah terlarang dan tempat-tempat penting lainnya, baru kemudian dibuat peta untuk jenis-jenis sumber daya alam, jenis lahan dan jenis tanah.
5.      Semua peta dari kelompok-kelompok dikumpulkan dan kemudian dijadikan Master Map. Setelah master map selesai dapat diperlihatkan dan diberikan kepada masyarakat di daerah tersebut.
·         Waktu
Pelaksanaan kerja dari program ini menghabiskan waktu maksimal selama 2 minggu. Hal ini disebabkan karena informasi tentang potensi daerah tersebut harus lengkap dan informasi yang diberikan oleh penduduk harus ditinjau ulang, agar tidak terjadi kesalah dalam pembuatan peta lengkap sumber daya alam suatu daerah.

·         Hasil yang diharapkan
Hasil yang dari program ini adalah sebuah peta yang lengkap dengan sumber daya alam yang dimiliki oleh suatu daerah tersebut berserta tempat-tempat penting yang ada di daerah tersebut.

B.     Renacana Jangka Pendek
·      Judul
Adapun judul pada program jangka pendek ini adalah “Penting Kebudayaan Untuk Menyelamatkan Negeri Ku”.

·      Tujuan
Adapun tujuan dari program ini adalah untuk memberikan pengetahuan tentang makna yang terkandung dalam setiap kegiatan kebudayaan yang ada di SUMATRA BARAT yang dapat menyelamat Bumi serta Negeri yang kita cintai ini dalam ambang kehancuran , menjadikan kebudayaan sebagai pedoman mereka untuk berprilaku dalam kesahariannya dan menambahkan rasa cinta akan kebudayaan mereka.

·      Sasaran
Sasaran dari kegiatan ini adalah siswa-siswi SMP kelas 2 ataupun siswa SD kelas 6.

·      Latar Belakang
Seluruh sekolah yang ada di Sumatra Barat memiliki mata pelajaran yang menyangkut mengenai budaya minangkabau, salah satunya yaitu BAM. Di dalam mata pelajaran ini, seluruhnya menyangkut mengenai budaya negeri minangkabau serta makna yang terkandung di dalamnya,dari asal usul datangnya masyarakat minang dan datangnya budaya minang sampai syair-syair yang indah yang dibuat oleh para pemuka adat minang pada zaman dahulunya. Sejauh pengetahuan saya, pelajaran BAM ini merupakan pelajaran yang tidak menarik bagi siswa-siswi Sekolah Dasar (SD) maupun siswa-siswi Sekolah Menengah Pertama (SMP), karena menurut mereka itu merupakan pelajaran yang tidak penting untuk zaman sekarang ini. Dengan melihat kondisi tersebut, saya ingin membuat pelajaran BAM ini menjadi lebih menarik lagi.
                        Salah satu upaya yang dapat menjadikan mata pelajaran BAM ini menarik adalah jika pelajaran BAM ini dikaitkan dengan realita yang ada sekarang ini yang terjadi di tengah-tengah masyarakat. Contohnya saja mengaitkan salah satu pepatah minang yang mengatakan “Alam Takambang Menjadi Guru” dengan keadaan yang sedang terjadi di masyarakat minang sekarang ini yang tidak lagi memanfaatkan alam sebagai guru mereka, tetapi manjadikan alam untuk mendapatkan keuntungan yang sebesarnya sampai merusak alam yang seharusnya mereka jaga. Dan pelajaran BAM ini ditambah dengan gambar-gambar yang menarik yang menyangkut dengan kebudayaan minang tersebut.
                        Program ini ditujukan kepada siswa-siswi SD kelas 6 atau siswa-siswi SMP kelas 2. Hal ini disebabkan karena anak-anak pada masa ini sedang mengalami pertumbuhan mental dan pubertas, dan karena sedang mengalami keadaan tersebut tentunya mereka sedang belajar membedakan hal baik dan tidak baik. Pada masa ini, anak-anak sering lupa akan diri mereka dan bahkan lupa dari mana mereka berasal. Hal ini yang sedang terjadi di masyarakat minang khususnya, karena banyak anak-anak yang berprilaku melenceng dari adatnya, mereka tidak tahu lagi dengan budaya dan berpakaian juga tidak mencerminkan budaya orang minang yang didominasi oleh agama islam. Dengan memberikan pengetahuan seberapa pentingnya kebudayaan, tentunya mereka dapat melestarikan kebudayaan dan memiliki perilaku yang seharusnya (atau sesuai dengan budaya orang minang).

·      Alat, Bahan dan serta Biaya yang dibutuhkan
Alat dan bahan yang digunakan dalam program ini adalah informasi tentang kebudayaan di daerah tersebut, dan serta gambar-gambar yang menarik tentang realita kehidupan masyarakat minang.

·      Metode Pelaksanaan
Metode pelaksanaan program ini adalah dengan memberikan pengajaran kepada siswa-siswi SD dan SMP.

·      Waktu
Dalam mpelaksanaan program ini dapat dilakukan dalam 1 hari, selama maksimal waktu 2 jam di sekolah SD ataupun SMP yang ada di daerah tersebut.

·      Hasil yang diharapkan
Hasil yang diharapkan dari program ini adalah meningkatkan rasa penting mengenai budaya tradisional yang ada di daerah siswa-siswi SD ataupun SMP dan dapat menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari dan masa mendatang.

C.     Rencana Program Penunjang
·         Judul
Judul program ini adalah “BUDAYA VS REMAJA
·          
      Tujuan
Adapun tujuan dari program ini adalah memberikan pengetahuan kepada para remaja yang ada di daerah tersebut akan pentingnya kebudayaan untuk masa depan diri mereka.

·         Sasaran
Sasaran dari program ini adalah siswa-siswi SMP atau SMA yang ada di daerah tersebut.
·           
      Latar Belakang
Kenakalan remaja adalah salah satu masalah sosial yang sedang marak terjadi di berbagai daerah di Indonesia, termasuk daerah Sumatra Barat. Hal ini disebakan masuknya pengaruh budaya asing dalam kehidupan sehari-hari di tengah-tengah masyarakat minang, sehingga para orang tua banyak yang kuatir akan masa depan anak mereka. Masyarakat minang merupakan salah satu masyarakat yang sangat retan untuk menerima kebudayaan luar, dari cara bersikap sampai dengan cara berpakaian.
            Gaya hidup remaja Indonesia hampir tidak mencerminkan budaya asli orang Indonesia, banyak yang dari mereka lebih bangga dengan negara lain dibandingkan dengan negaranya sendiri. Di Sumatra Barat sendiri kegiatan seperti itu belum banyak terjadi di daerah-daerah pedesaan, tetapi dengan semakin majunya teknologi hal tersebut akan dapat berkembang cepat. Anak-anak yang berumur 15-18 tahun, adalah anak-anak yang sedang menikmati masa remaja mereka dengan segala sesuatu yang mereka senangi, dan jika keadaan ini tidak di kontrol oleh orang tua dan guru tentunya ini akan menjadikan siswa-siswi yang dengan cepat melupakan kebudayaannya.
            Salah satu hal lagi adalah para remaja zaman sekarang ini menganggap kebudayaan itu adalah untuk orang-orang tua. Hal ini yang harus kita hapuskan dari pikiran mereka. Dengan adanya seminar mengenai Budaya VS Remaja ini dapat membantu orang tua dan guru dalam memberikan pendidikan sosial kepada anak-anak mereka. Sehingga anak-anak remaja dapat bersikap dan berprilaku sesuai dengan budaya yang ada di daerah mereka, ini juga dapatmengurangi tingkat kenakalan remaja pada masa mendatang.
·         Alat, bahan dan serta Biaya yang dibutuhkan
Alat dan bahan yang digunakan untuk menjalankan program ini adalah pengeras suara, laptop, infocus dan pemateri yang dapat memberikan informasi tersebut. 

·         Metode Pelaksanaan
Dalam menjalankan program ini metodenya yaitu seperti memberikan pengajaran secara umum (Seminar) kepada siswa-siswi SMP ataupun SMA yang ada di daerah tersebut.
·          
      Waktu
 Waktu yang dibutuhkan dalam pelaksanaan program ini adalah satu hari selama 2 jam di sekolah SMP atau SMA yang ada di daerah tersebut.

·         Hasil yang diharapkan
Dari program yang direncanakan hasil yang diharapkan yaitu seminar interaktif yang menarik perhatian siswa-siswi SMP ataupun SMA serta guru-guru di sekolah tersebut.

D.    Cadangan Program
·         Judul
Judul dari program ini yaitu “INVESTARISASI KEBUDAYAAN”.

·         Tujuan
Adapun tujuan dari program ini adalah membuat suatu buku yang beriisi mengenai upacara-upacara adat yang dilakukan oleh masyarakat yang ada di daerah tersebut dan membandingkannya dengan upacara-upacara adat yang sudah ada pada zaman dahulunya, apakah ada perubahan ataupun modifikasi sejalan perkembangan zaman yang dapat manjadi pedoman dan literatur sumber informasi kebudayaan yang ada di daerah tersebut, yang mana buku ini diserahkan ke kantor wali nagari.


·         Sasaran
Sasaran dari program ini adalah masyarakat yang ada di daerah tersebut dan pemuka-pemuka adat yang ada.

·         Latar Belakang
Dengan kemajuan IPTEK yang semakin pesat pada zaman sekarang banyak dari pola hidup masyarakat Indonesia yang berubah, berubah menjadi lebih instan, dengan adanya pengaruh dari luar. Tidak hanya itu, hal ini juga berpengaruh terhadap upacara-upacara adat yang ada di sumatra barat. Contohnya saja dalam upacara pernikahan yang sekarang di dominasi dengan gaya barat yang lebih modern sehingga banyak dari kegiatan di dalam upacara tradisional tersebut yang ditinggalkan.
            Begitu juga dengan acara adat yang lainnnya, banyak upacara-upacara ada yang terdahulu di modifikasi mengikuti zaman. Hal ini dapat menyebabkan hilangnya bagian tradisional dari kebudayaan tersebut, dan jika ini terjadi terus menerus maka bisa jadi upacara kebudayaan tradisional tersebut akan hilang. Dengan mengantisipasi itu, tentulah ada pemuka adat yang harus mengingatkan dan memberikan pengetahuan kepada masyarakat agar tradisi tersebut tidak akan hilang.
            Disinilah manfaat pembuatan buku investaris kebudayaan suatu daerah ini, jadi perkembangan kebudayaan itu dapat terus dipantau oleh pemuka adat sejauh mana upacara-upacara adat tersebut dapat berjalan semestinya tanpa menghilangkan sisi tradisionalnya. Dan dari buku ini juga dapat menjadi pembanding antara kegiatan upacara adat pada setiap zamanya. Para wali nagari dan pemuka adat dapat berpedoman ke buku ini untuk menyelamatkan potensi alam yang dimiliki oleh daerahnya, karena lewat budaya kita juga membantu melestarikan alam.
·         Alat, bahan dan serta Biaya yang dibutuhkan
Alat dan bahan yang digunakan pada program ini adalah Alat tulis, buku catatan, perekam, kamera, serta informasi dari masyarakat ataupun pemuka adat.
·         Metode Pelaksanaan
Untuk menjalakan program ini metode yang digunakan yaitu metode wawancara dengan mengumpulkan semua informasi dari masyarakat dan para pemuka adat mengenai upacara-upacara adat yang dilakukan oleh masyarakat di daerah tersebut dan membandingkannya dengan budaya asli yang ada pada zaman sebelumnya untuk melihat adanya perubahan ataupun modifikasi dari budaya tersebut.

·         Waktu
Waktu yang dibutuhkan yaitu selama 1 bulan.

·         Hasil yang diharapkan
Hasil yang diharapkan dari program ini adalah sebuah buku yang inovatif yang beriisi berbagai macam kegaiatan upacara-upacara adat yang ada d daerah tersebut sehingga dapat menjadi pegangan untuk masyarakat yang ada di daerah tersebut untuk mempertahankan tradisi yang sudah ada.


Bagi yang ingin softnya, klik disini

75 komentar:

Anonim mengatakan...

point yang A, seperti praktikum kami di Biologi. Dengan ada CM tersebut, masayarakat dapat menginventaris situs2 penting di nagarinya. moga bermanfaat.

Chrisyan Saputra mengatakan...

owhh... makasi komentar x y...??
Smoga bermanfaat jg buat teman2 smua...
^_^

nng mengatakan...

waah terima kasih atas informasinya ttg proker kkn ini!
dengan adanya blog ini sy mendapat referensi yg lebih untuk merencanakan tugas ataupun prgram" yg akan sy krjakan nanti,y....

a'an mengatakan...

mas,klo kkn nya tentang teknologi tepat guna..enaknya bikin apa

nasir mengatakan...

super kren...

kalau untuk pendidikan bagusnya apa ya program kerjanya?

Lia Buana mengatakan...

sangat merasa terbantu...
tq yak mas?
salam ukhuwah...
:)

Anonim mengatakan...

trima kasih atz informasinya,,,menarik sekali untuk referensi pmbljaran..
semoga ini bisa bermanfaat bagi semuanya trmsuk saya pribadi.amin...

Chrisyan Saputra mengatakan...

maaf semua...
Q lagi sibuk KKN so banyak telat n blog lama gk liat nie... >_<
Q coba jawab satu2 dhe...

- Nng@ makasi koment x y..?? moga bermanfaat..

- a'an @ tergantung fakultas x... klo teman satu kkn Q c dy buat alaram gempa buat anak mipa n bio gas buat anak peternakan so bermanfaat gtu dhe buat d tinggal.. ^_^

- nasir @ tQ y..?? ^_^ pendidikan c klo q yg nak hukum sempat ngajar c... so ngajar anak sd aja gtu khusus x KWN, kadang juga sosiologi ato sejarah... walaw gk ada latar belakan pendidikan c.. hehehe.. >_<

Lia Buana @ masama jg mbak lia atas kunjungan x... ^_^

Anonim mengatakan...

ijin copas y gan.....

putri mengatakan...

proker kkn bidang pendidikan ada ga?

Chrisyan Saputra mengatakan...

Silah kan gan...

@Putri
maaf banget mbak, saya kuliah d non kpendidikan (Hukum), jadi gak tw soal kependidikan, walau wktu KKN smpat ngajar c, tpi tu dadakan...
>_<

mungkin d beberapa blog tetangga bisa dilihat...
maaf sekali mbak putri saya gk bisa bantu..
tapi moga bisa jadi refensi dalam susunan format x...
^_^

Vy Moncha mengatakan...

lw prgram buat di bidang Ekonomi'y c ada ngga?
mksh :D

Anonim mengatakan...

aku anak bahasa, tapi tertarik melakukan program yg terakhir tuh.. soalnya aku besok mulai tgl 29 KKN di desa protomulyo kendal jateng, disana banyak makam-makam yang diziarahi. mohon ijin copy soft file ya :)

Chrisyan Saputra mengatakan...

@ Vy Moncha
wah kbetulan kyk x ada mbak,klo mau apa alamat email x??

@anonim
sedot aja gan, senang bisa bantu ^_^
Btw masih ada yg blom KKN y?? Univ mana?? Aq udah selesai terakhir bulan Juli kemaren...

N salam kenal dari UNAND ^_^

Tyas mengatakan...

programmnya bagus :)

saya juga akan KKN minggu depan di daerah pegunungan dan saya dapat bagian lingkungan hidup. kira-kira program apa ya yang cocok dilaksanakan di daerah pegunungan?

mohon sarannya :)
thanks

Chrisyan Saputra mengatakan...

Tyas.. kyk x saya telat bales y.. -_-

Menurut saya d daerah pegunungan adain tentang sosialisasi tentang lingkungan hidup. karena pengunungan tempat tumbuh berkembangnya habitat di alam salah satunya tumbuhan, yg mana tumbuhan salah satu penopang hidup kita. nah kita bisa sosialisasi tentang dampak bahaya penebangan liar ato pentingnya tumbuhan bagi makhluk hidup...
maap klo kurang lengkap... tapi moga membantu..

Anonim mengatakan...

gan kalo ada program untuk anak ekonomi dong, kalo bisa kirim ke emailq ya agil_0110@yahoo.com, thanks sebelumnya..

naili sayida mengatakan...

programnya sudah bagus, tetapi di dalam program2nya kurang melibatkan masyarakat setempat,,

IKA FRINKA mengatakan...

ada program tentang kesehatan gak ?

Anonim mengatakan...

ada program tentang anak hukum tidak???

Anonim mengatakan...

ada program tentang anak ppkn gak???????

Chrisyan Saputra mengatakan...

Maaf all... yg mau bahan alhamdulillah lmayan lengkap.. tapi klo di liat2 teknik ama bagian2 kesehatan ku tak ada. so klo mau kirim ja emailnya ya..??

Pipit Siswoyo mengatakan...

Izin copas ya, point2 utama dari suatu program...

Septa Rajib Bagja mengatakan...

Thanks , Sangat Membantu ...

Anneka Saldian Mardhiah mengatakan...

izin copas yo sanak...

salam kenal dari fakultas hukum Universitas Jambi...

gege mengatakan...

minta proker bidang ekonomi ada gk ?? klo ada tolong kirim donk,, thanks
big4drum@yahoo.co.id

Elsa Navita Sari mengatakan...

maaaf mas,, kalo proker bidang ekonomi ada ga?? kalo ada tolong kirim ya mas :) . ke ie_elsa@yahoo.co.id thanks before :)

-- salam kenal dari UNJA---

Anonim mengatakan...

ada yg tentang ekonomi bgmn ya..

putrirsyd mengatakan...

mas, ada proker untuk bidang ekonomi ada gag ya? kalo semisal ada, tolong kirim ke email saya putrirsyd@yahoo.com makasih ya mas sebelumnya :)

good mengatakan...

Good, pasti banyak terbantu dengan contoh yang di buat...

AGUS NIRP mengatakan...

Mass brooo,...tolong share juga untuk proker teknologi tepat guna, and ijin copi broooo

Elica mengatakan...

ehmmm dapet sedikit gambaran she tapi masih ragu....
mau juga donk da kalau ada proker bidang ekonomi. kirim ke sini ia ramalindaelica@ymail.com

at last I say, thanks before....

Anonim mengatakan...

bingung nih ngadepin kkn.. kira.kira kegiatan apa ya yang cocok buat desa di kota, dapet ny kkn vokasi nih,, ekonomi perbengkelan.. trus kegiatan pendamping yang cocok apa yah ??

Elvis Bayuda mengatakan...

kalo merancang program khusus nya untuk fakultas ekonomi jurusan akuntansi apa nya gan

Elvis Bayuda mengatakan...

entar ke kirim aja ke email saya gan bayudha.elvis@gmail.com
atau sms ke no 081991674546

siti husniah mengatakan...

uwah... terimakasih banayak ni ya.. buat contohnya... sanagat membantu saya :D

Wahyu DiSa mengatakan...

kak contoh bidang ekonomi ada nggak ??

Dhian fitriani mengatakan...

cukup membantu, trmks

Aulia BioVen mengatakan...

blog yang bagus! *jempol*
saya ikut lihat dan mungkin bakalan dicoba :D

Evy Patmawaty mengatakan...

mas ada proker buat anak teknik pertambangan gak+semacam lingkungan mungkin+mau kalo ada ke eamil : evypatmawaty@gmail.com
terimakasih banyaaak :)

Dewi Kartika mengatakan...

MAS,,ada proker untuk ekonomi nggak. khususnya akuntansi. kalo ada tolong info nya ya mas.. ^-^
tolong kirim ke sini ya mas.. diplisefriarti11@yahoo.co.id

Anonim mengatakan...

bang proker buat anak eknomi apa y,, aku kknnya di daerah perbatasan,, kalau ada kirim k email ini wennyrahmap@yahoo.com,, maksih

Mawardini mengatakan...

bagus (Y)

Anonim mengatakan...

ada ngak rencana program kegiatan kuliah kerja nyata yang berkaitan denga politik

ifa mengatakan...

izin copas..

Anonim mengatakan...

makasihhh yaaaa :)

Anonim mengatakan...

Anda telah membuat beberapa benar-benar baik poin di sana.
Saya diperiksa di internet untuk informasi tambahan tentang masalah dan menemukan sebagian besar individu kebanyakan orang akan pergi bersama dengan pandangan Anda
tentang situs web ini.

Take a look at my website fashion termurah

Ohim Vaganza mengatakan...

izin copas... keren.... sukses untuk pembuat blog ini...

Abu Nasri Al-Aceh mengatakan...

thank you brother , you have shared knowledge is very useful to me

Teuku Qalis mengatakan...

بفضل أخي ، وتقاسم المعرفة مفيد جدا بالنسبة لي

Hardyansyah Gaboegs mengatakan...

Mas, ada proker buat ekonomi khusus nya mnajemen..
Klau ada info nya share ya mas k email saya hardy_gaboegs56@rocketmail.com

nur aini mengatakan...

kalau proker tentang pendidikankewarganegaraan yang bagaimana ya ? yang terkait dengan program kkn nanti ?

Tri Ana Mauliddia mengatakan...

maaf mas kalau proker yang berkaitan sama politik atau pemerintahan apa ya?
kalau ada info share ke emal ku ya mas fraulieb_mauliddia@rocketmail.com

Fara Dila mengatakan...

Permisi bisa minta contoh proker untuk sosial ekonomi?
ffaradila@ymail.com

Anonim mengatakan...

thanks, , , sangat membantu

farti lawati mengatakan...

Permisi tlong krim proker bidang ekonomi y mas farti_lawati@yahoo.com

Prima Januaria mengatakan...

.mkasih ka, untuk ilmunya,,,

Anonim mengatakan...

terima kasih infonya

smadav mengatakan...

thanks for sharing that

Helvi Tomoco J mengatakan...

terima kasih.. saya suka :)

Dyah Ayu Kumala Dewi mengatakan...

Minta proker buat ekonomi dong gan, kirim k sini ya dyahayu818@gmail.com thanks gan ^^

Dyah Ayu Kumala Dewi mengatakan...

Minta proker buat ekonomi dong gan, kirim k sini ya dyahayu818@gmail.com thanks gan ^^

NUR KHAERIYANI 95 mengatakan...

proker dalam bidang akuntansi ada? kalau ada boleh di share yah di nurkhaeriyani95@gmail.com

Unknown mengatakan...

mohon maaf mas... aku masih agak bingung dengan observasi awal dalam penulisan laporan kklp profesi mhn dibantu yah.. terima kasih sebelumnya..

MI AL-INABAH mengatakan...

izin

Tahir Bahi mengatakan...

Hello my friend! I want to say that this post is awesome, great written and include almost all
important infos. I would like to see more
posts like this .

Destroy Windows 10 Spying Keygen

wahyu kurniawati mengatakan...

AWESOME :-)
kreatif bgt

Unknown mengatakan...

maaff kakak saya mau tanya ni, saya lulusan tahun 2016 ini saya mau kuliah di jurusan akuntansi tapi ada satu kendala yang saya pikirkan,yaitu apakah jurusan akuntansi itu serumit apa yg di bayangkan??? terlebih saya juga sma lulusan bahasa. apakah anak jurusan bahasa akan agak sulit jika mengambil jurusan akuntansi.mohon jawabanya dong kak.....terimakasih:)

Arfiyani Afi mengatakan...

Mas, tolong kirimin juga proker dibidang ekonomi khususnya akuntansi dan manajemen juga ya mas.
Ini email saya arviani.vivi@yahoo.com

Arfiyani Afi mengatakan...

Saya dulu sekolah jurusan bahasa tapi saat kuliah masuk jurusan akuntansi. Awalnya ya agak stress ngikutin semua mata kuliah yg sebelumnya belum pernah dipelajari di bangku sekolah, malahan saya sempat mau pindah ke fakultas lain. Tapi setelah dipikir2 lebih baik jalani aja dulu, alhamdulillah saya sekarang sudah masuk semester 7, mulai disibukkan dengan KKN dan disemester ini juga Insya Allah mau mengajukan judul :)
Asal belajar dgn sungguh2 Insyaa Allah gak berat kok dek, dan gak serumit yang dibayangkan :)

Imaz Hello mengatakan...

kaka aku mw juga dong proker bidang ekonomi imazhello@gmail.com 😂😂makasih sebelumnya blognya sangat brmanfaat👍

Imaz Hello mengatakan...

kaka aku mw juga dong proker bidang ekonomi imazhello@gmail.com 😂😂makasih sebelumnya blognya sangat brmanfaat👍

Unknown mengatakan...

Gan boleh minta bahan yg buat kkn anak ekonomi gak? Ini emai saya starfun.dika2@gmail.com

Dika Prasetya mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Unknown mengatakan...

Terimakasih atas wawasannya,semoga bermanfaat bersama dan bisa di diterapkannya di masyarakat.
Karena masyarakat memandang mahasiswa adalah seorang serba bisa tanpa melihat kemauan kita apa. Satu al ma'arif way kanan. KKN 2016

Poskan Komentar

Blogingria adalah sebuah blog pribadi yang ditujukan khusus dalam masalah yang ada dalam kuliah hukum dan seputaran hukum yang ada di sekitar kita. Semoga tulisan yang ada bermanfaat bagi pembaca dan khususnya penulis sendiri.

Apabila ada pembaca yang mau tulisannya ikut diposting dalam blog ku ini, silahkan kirim tulisan anda ke email saya pandora.ghotica@gmail.com